Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

Virtual Coordinator Trainer (VCT) Metode alternatif Diklat

Pelatihan VCT sudah berlangsung dari Batch 1 sampai dengan Batch 5 di seluruh Indonesia. Peserta pelatihan setiap Batch meningkat teramat luar biasa. Batch 1 pendaftar berjumlah 384 dengan jumlah lulus 107. Batch 2 pendaftar 5000 dengan jumlah lulus 629. Batch 3 pendaftar 14000 seluruh Indonesia dengan jumlah lulus 2314. Karena jumlah yang teramat banyak maka seluruh Indonesia kemudian dikelompokkan menjadi 9 region.

Untuk Pelatihan Batch 5 ini Region Jateng DIY dibagi menjadi total 41 wilayah. 35 wilayah Jawa Tengah, 5 Wilayah DIY, dan 1 wilayah khusus yaitu kelompok Pengawas dan Kepala Sekolah SMA/SMK/MA/SLB  se Jateng DIY.

Untuk Kota Semarang, Kab. Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan dan Kota pekalongan Pembukaan Virtual Coordinator Training Batch 5 Wilayah Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2019  di Aula Hatta LPMP Jawa Tengah, di buka secara virtual oleh Kepala LPMP Jawa Tengah Bapak Drs. Harmanto, M.Si.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, di era perekmbangan teknologi yang sangat pesat, seorang guru harus meningkatkan diri agar tidak dikalahkan oleh fasilitas gratis yang ada di dunia maya. Jangan sampai murid lebih nyaman bertanya kepada google dan mencari ilmu lewat fasilitas pencarian online ketimbang kepada gurunya.  Pelatihan berbasis online yang di prakasai oleh VCT sangat tepat mengingat begitu banyaknya guru di jawa tengah yang tidak memungkinkan jika harus di diklat secara tatap muka secara langsung. Beliau menambahkan, LPMP Jawa Tengah mendukung kegiatan VCT untuk menfasilitasi guru meningkatkan kompetensinya..

Penyelenggaraan VCT Batch 5 di bulan Agustus ini, bertepatan dengan bulan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Karena itu, tema yang dipetik juga berbau kemerdekaan, yakni “Memerdekakan guru dan masyarakat Berkompetensi Abad 21”, dengan tagline :“Guru abad 21, guru merdeka, merdeka berkolaborasi, merdeka berkomunikasi, dan merdeka berkreasi bersama”

Ada beberapa alasan Kenapa pelatihan ini menjadi sangat menarik dan penting

1. Pelatihan ini tidak berbiaya, Peserta cukup menyiapkan gadget dan kuota atau wifi secukupnya

2. Testimoni para lulusan luar biasa. Banyak yang merasa kaget sendiri karena kemampuan TI- nya terdongkrak berkat pelatihan ini. Karena dalam pelatihan ini dituntut kemandirian peserta tapi tetap bimbingan tersedia penuh 24 jam, baik dari instruktur, PJ atau bahkan sesama peserta.  Mandiri tapi tidak dilepas begitu saja, dan budaya berbagi sangat diutamakan disini. Sehingga ketika lulus maka semua rasanya bagai keluarga.

3. Sertifikat yang didapat adalah sertifikat internasional se Asia Tenggara. Dengan jumlah jam 40 jpl.

4. Setelah lulus maka terdapat kelanjutan pemanfaatan berupa jejaring komunikasi antar lulusan se Indonesia. Dalam jejaring tersebut ilmu dan informasi yang beredar sangat banyak, bermanfaat, dan terkini.

Berikut ini, sebaran peserta dan instruktur VCT Batch 5 Korwil Jateng-DIY dan Titik Lokasi Pembukaan Luring (Offline) VCT Batch 5 se-Jateng-DIY di ambil dari website resmi Virtual Conference Indonesia Community (VCIC)

Dokumentasi Kegiatan Pembukaan Batch 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan