Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

Ujicoba Instrumen Pemetaan Pemenuhan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Wonogiri

Wonogiri, LPMP Jateng – Lembaga Penjaminan Mutu Penididkan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Uji Coba Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), bertempat di SMA Negeri 1 Wonogiri pada hari Senin, 25 Oktober 2021. Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 11 dari SMAN 1 Wonogiri dan SMAN 3 Wonogiri. Selain siswa, peserta juga berasal dari unsur guru dari kedua sekolah. Masing-masing 2 orang, juga diikuti oleh Kepala SMA N 1 Wonogiri.

Dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Wonogiri, Dra. Endang Sunarsih, M.Pd., menyampaikan, “para siswa dan guru melaksanakan pengisian instrumen ini tanpa pesiapan khusus. Semua alami. Apa adanya.” Beliau menegaskan bahwa kegiatan pemetaan ini, seperti halnya pelaksanaan Asesmen Nasional harus memotret kondisi riil di lapangan. Data yang dihasilkan musti merupakan data yang valid sehingga bisa memberikan masukan kebijakan yang tepat. Agar dapat menjawab permasalahan yang dihadapi sekolah.

Kegiatan ujicoba dilaksanakan sejak pukul 07.00. dimulai dengan registrasi, persiapan dan upacara pembukaan. Peserta dan panitia mendapat Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, tisu dan pengahangat tubuh/pelega pernafasan. Selain itu, disediakan pula alat tulis berupa pensil dan karet penghapus. Kemudian tepat pukul 08.00 pengisian instrument dimulai dan berakhir pukul 12.30. Setelah peserta menerima pembagian makan siang peserta diperbolehkan pulang.

Untuk tujuan pemenuhan mutu Pendidikan di satuan Pendidikan (jenjang SD, SMP, dan SMA) maupun di tingkat kabupaten dan provinsi, LPMP Provinsi Jawa Tengah mengembangkan instrumen pemetaan pemenuhan mutu Pendidikan. Saat ini pengembangan instrument masuk pada tahap uji coba di sekolah-sekolah di Jawa Tengah. Hasil uji coba akan dianalisis untuk melihat validitas dan reliabilitasnya.

Instrumen yang dikembangkan diupayakan untuk setara dengan instrumen literasi, numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Peserta dari Guru dan kepala sekolah mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar. Sedangkan untuk siswa, mengerjakan instrumen secara lengkap: Literasi, Numerasi, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. (DAR)

Hadir Lengkap. Peserta dari unsur Siswa dan Guru SMA Negeri 1 Wonogiri dan SMA Negeri 3 Wonogiri Hadir Lengkap (Photo by Dar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan