MODEL DIKLAT KOMPREHENSIF BERBASIS HIGHER ORDER LEARNING UNTUK PENULISAN KARYA TULIS DAN PUBLIKASI ILMIAH GURU
Oleh: Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd.,
Widyaiswara LPMP Jawa Tengah, alifnoorhidayati99@gmail.com
Best practice dengan tujuan mendapatkan model diklat komprehensif yang berbasis Higher Order Learning dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam menyusun karya tulis hasil penelitian.
Rumusan masalah dalam kegiatan ini adalah 1)Bagaimana model diklat komprehensif yang berbasis Higher Order Learning untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun karya tulis hasil penelitian. Secara rinci rumusan masalah dijabarkan sebagai berikut: 2) Bagaimana bentuk model Higher Order Learning dalam proses pembelajaran di Diklat penyusunan Penelitian Tindakan Kelas?, 3)Bagaimana melakukan pendampingan terhadap guru untuk menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas?, 4) Bagaimana melakukan pendampingan terhadap guru untuk melakukan publikasi hasil penelitian berupa seminar dan publikasi jurnal ber ISBN?.5) Bagaimana produk-produk hasil diklat komprehensif berbasis Higher Order Learning.
Diklat komprehensif ini dilakukan selama 5 hari dengan menggunakan pendekatan andragogi dan model Higher Order Learing yang dikembangkan dalam bentuk representasi pengetahuan meliputi oral presentation, brain storming, creative thinking, critical thinking, penyusunan kertas kerja dan multimedia yang akan diberikan untuk masing-masing mata diklat sesuai dengan karakteristiknya.
Hasil dari best practice ini adalah: Model diklat komprehensif yang berbasis Higher order Learning terdiri dari rangkaian kegiatan : a) pendidikan dan pelatihan dengan pola 50 JP, b) pendampingan, c) supervisi, dan d) publikasi. Secara rinci kesimpulan kgiatan ini adalah: Model diklat komprehensif Higher Order Learning dengan menggunakan oral presentation, brain storming, creative thinking, critical thinking, penyusunan kertas kerja dan pemanfaaatan multimedia . Produk hasil diklat ini berupa : a) perubahan sikap peserta berupa kesungguhaan, dan kerja keras, b) peningkatan kompetensi pengetahuan, c) peningkatan kemampuan berpikir kritis, krestif, d) karya tulis hasil penelitian yang telah divalidsi, e) artikel hasil penelitian yang disminarkan , f) artikel yang dipubliksaikan di jurnal ber ISBN
Kata Kunci: Model Diklat Komprehensif, pendampingan, supervisi, publikasi, karya tulis ilmiah guru.
Dapatkan ARTIKEL LENGKAP di link: https://goo.gl/Pwzg2k