Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

MODEL DIKLAT KOMPREHENSIF BERBASIS HIGHER ORDER LEARNING UNTUK PENULISAN KARYA TULIS DAN PUBLIKASI ILMIAH GURU

Oleh: Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd.,

Widyaiswara LPMP Jawa Tengah, alifnoorhidayati99@gmail.com

 

Best practice dengan tujuan mendapatkan  model diklat komprehensif yang berbasis Higher Order Learning dilakukan untuk meningkatkan  kompetensi Guru dalam menyusun karya tulis hasil penelitian. 

Rumusan masalah dalam kegiatan ini adalah 1)Bagaimana model diklat komprehensif yang berbasis Higher Order Learning untuk meningkatkan  kompetensi guru dalam menyusun karya tulis hasil penelitian. Secara rinci rumusan masalah dijabarkan sebagai berikut: 2) Bagaimana bentuk model Higher Order Learning dalam proses pembelajaran di Diklat penyusunan Penelitian Tindakan Kelas?, 3)Bagaimana melakukan pendampingan terhadap  guru untuk menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas?, 4) Bagaimana melakukan pendampingan terhadap  guru untuk melakukan publikasi hasil penelitian berupa seminar dan publikasi jurnal ber ISBN?.5) Bagaimana produk-produk hasil diklat komprehensif berbasis Higher Order Learning.

Diklat komprehensif ini dilakukan selama 5 hari dengan menggunakan pendekatan andragogi dan model Higher Order Learing yang dikembangkan dalam bentuk representasi pengetahuan  meliputi oral presentation, brain storming, creative thinking, critical thinking, penyusunan kertas kerja dan multimedia yang akan diberikan untuk masing-masing mata diklat sesuai dengan karakteristiknya.

Hasil dari best practice ini adalah: Model diklat komprehensif yang berbasis Higher order Learning terdiri dari rangkaian kegiatan : a) pendidikan dan pelatihan dengan pola 50 JP, b) pendampingan, c) supervisi, dan d) publikasi. Secara rinci kesimpulan kgiatan ini adalah: Model diklat komprehensif Higher Order Learning dengan menggunakan oral presentation, brain storming, creative thinking, critical thinking, penyusunan kertas kerja dan pemanfaaatan multimedia . Produk hasil diklat ini berupa : a)  perubahan sikap peserta berupa kesungguhaan, dan  kerja  keras, b) peningkatan kompetensi pengetahuan, c) peningkatan kemampuan berpikir kritis, krestif, d) karya tulis hasil penelitian yang telah divalidsi, e) artikel hasil penelitian yang disminarkan ,  f) artikel yang dipubliksaikan di jurnal ber ISBN

 

Kata Kunci: Model Diklat Komprehensif, pendampingan, supervisi, publikasi, karya tulis ilmiah guru.

 

Dapatkan ARTIKEL LENGKAP di link: https://goo.gl/Pwzg2k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan