Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat di bawah Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK). Pada tahun 2010 sampai dengan 2015, LPMP Jawa Tengah berada dibawah Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Semarang-LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Dalam setiap kegiatan pelatihan, outbound ataupun rapat, ada
masa masa di mana peserta bahkan narasumber menjadi jenuh, tidak focus pada
kegiatan dan lelah. Hal itu biasa terjadi di jam setelah makan siang atau menjelang
malam. Juga ketika kegiatan baru berlangsung, antar peserta masih belum saling
mengenal dan tim belum terbentuk maka di butuhkan suatu kegiatan yang
menyenangkan bagi semua pihak, yang bisa
mebuat peserta focus, bergairah lagi dan bisa saling mengenal antar sesama peserta.
Kegiatan itu di sebut ice breaker, aktivitasnya di sebut ice breaking. Ice breaker menurut dictionary Cambridge adalah
“a game or activity that is used to introduce people to each other so that they
feel more relaxed together” kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah permainan
atau aktivitas yang digunakan untuk memperkenalkan orang satu sama lain
sehingga mereka merasa lebih santai bersama. Bentuk kegiatan ice breaer bisa
berupa permainan atau hiburan. Salah satu alat yang bisa di pakai sebagai ice
breaker adalah kahoot.
Menurut wkipedia Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Kahoot!
adalah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi
pendidikan di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Permainan
pembelajarannya, “Kahoots”, adalah kuis pilihan ganda yang memungkinkan
generasi pengguna dan dapat diakses melalui browser web. Sedangkan menurut informasi
dari kahoot sendiri mereka mempunyai misi untuk membuka potensi terdalam dari
setiap pelajar, dari segala usia dan dalam semua konteks, dan kami melakukan
itu dengan membuat belajar menjadi menyenangkan, ajaib, inklusif, menarik dan
dapat dibagikan melalui permainan.
Prinsip pendiri kahoot adalah Sosial, Bermain dan Belajar. Didorong
oleh misi itu , mereka telah membangun
platform berbasis permainan yang menciptakan lingkungan belajar yang emosional,
menyenangkan, menarik dan benar-benar sosial. Alih-alih melihat ke dalam buku
pelajaran atau perangkat mereka, pelajar/peserta didorong untuk melihat ke atas
saat bermain dan terhubung satu sama lain – kahoot menyebutnya ‘momen api
unggun’. Keterlibatan adalah tentang membuka potensi semua orang. Itu berarti
membawa siswa/peserta itu dari belakang kelas ke depan dan membiarkan semua
orang menjadi pahlawan kelas.
Pada prinsipnya adalah kahoot sebuat platform untuk
permainan quiz dengan pertanyaan di tampilkan di depan dan peserta menjawabnya
melalui perangkat mereka sendiri, bukan hanya jawaban benar yang di nilai
tetapi kecepatan menjawab juga di perhitungkan.
Selain bisa membuat keseruan pada sesi pelatihan atau kelas,
permainan ini bahkan bisa di mainkan di rumah dengan peserta adalah seluruh
anggota keluarga tidak tergantung oleh tingkat pendidikan atau usia. Penulis
sendiri ketika memainkan ini di rumah, tidak melulu yang lebih tua atau lebih
tinggi pendidikannya yang menang tetapi semua punya kesempatan untuk meraih
nilah tertinggi, yang pasti tingkat keseruannya bisa membuat keceriaan
tersendiri di rumah. Yang unik dari kahoot ini adalah cara menjawab oleh
peserta melalui perangkatnya sendiri, tidak berupa hurup a,b,c atau d tetapi
berupa gambar kotak, segitiga dan lainnya. Sehingga tahu jawaban itu baru satu
keseruan dalam menjawab, tombol mana yang harus di tekan membuat tambahan
keseuan lainnya.
Kahoot mempunyai dua alamat, kahoot.com untuk membuat kusi dan menjadi admin dan kahoot.it sebagai alamat untuk menjadi peserta permainan.
Memulai Kahoot
Klik Sign Up For Free atau Login jika sudah mendaftar
Pilih Sebagai apa dalam penggunaan Kahoot
pilih As a teacher
Pilih sign up menggunakan akun email google, Microsoft akun atau mendaftar dengan alamt email lainnya. Setelah berhasil masuk, klik pada tombol create untuk membuat quiz baru.
Klik Create
Ada tiga fasilitas yang di miliki oleh kahoot,
Quiz, memilih dari pilihan jawaban
Jumble, seret jawaban pada urutan yang tepan
Survey, mengumpulkan opini dari peserta.
Kita pilih quiz
Klik Create Quiz
Buatlah pertanyaan menyesuaikan kondisi dengan peserta yang akan mengikuti quiz ini. Karena yang kita butuhkan semua peserta bisa menjawab,
Mulai membuat quis dengan memasukan Judul, isi deskripsi,
kemudian seting visible to Everyone, language bahasa Indonesia, audeience
event, credit source bisa di kosongkan, intro video jika di inginkan bisa di
ambil dari youtube, paste kan alamatnya. Selain itu kita bisa memasukan gambar.
Setelah semua terisi dengan baik, klik OK Go. Klik tombol Add Question untuk menambahkan pertanyaan baru.
Masukan pertanyaan dan opsi jawaban, beri centang pada jawaban yang benar. Waktu juga di seting berapa lama peserta boelh menjawab.
Jika sudah selesai semua, klik tombol Next. Setelah itu tambahkan lagi soal dengan mengklik tombol Add question, setelah di rasa cukup klik
tombol Save di pojok kanan atas. Soal
yang sudah bisa di edit, di copy ataupun di delet dengan menekan tombol di
pojok kanan soal
Setelah selesai membuat soal quiz, kita masih bisa mengedit, mempreview, memainkan atau mensharenya. Untuk memainkan klik pada tombol Play It. Jalankan secara klasik pemain lawan pemain dengan mengklik Tombol Clasic. Tunggu sebentar sampai muncul game PIN.
Jika semua peserta sudah masuk klik tombol start
Setelah dirasa semu peserta sudah masuk semua, klik tombol
start. Cara kerjanya adalah peserta
melihat soal di depan bersama sama melalui lcd projector, kemudian peserta
menjawab memalui perangkat mereka sendiri (HP, Lapto atau Tablet). Siapa yang
menjawab dengan cepat dan benar akan mendapat nilai tertinggi, sedangkan
kecepatan menjawab juga masuk dalam penilaian.
Tampilan pertanyaan akan seperti ini.
Berapa sisa waktu, jumlah yang sudah menjawab akan kelihatan.
Untuk peserta, minta peserta membuka alamat kahoot.it di perangkat mereka. Masukan PIN yang sudah di infokan atau di lihat di tampilan layar depan,
Masukan PIN
di tampilan peserta hanya ada tombol untuk menjawab, keseruan menjawablah yang membuat kegiatan ice breking ini menjadi heboh.
Empat tombol yang harus segera di pilih oleh peserta
silahkan di coba untuk mengembalikan keseruan di kelas maupun di rumah.(Abi)
Siiiip…. Langsung praktik.