LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

Semarang- LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) menyelenggarakan seleksi calon perangkat desa Kabupaten Kendal mulai
Read More
LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Untuk mendorong percepatan pendaftaran Kepala Sekolah pada Program Sekolah Penggerak (PSP), LPMP Provinsi Jawa Tengah,
Read More
PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik bagi para pemustaka dari staf, peserta diklat, maupun
Read More
Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kembali membuka kesempatan bagi para kepala sekolah untuk semakin
Read More

9. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN AKUN @BELAJAR.ID GOOGLE CLASSROOM MELALUI PENDAMPINGAN DI SDN 2 KRAJANKULON KALIWUNGU KENDAL

 

Naning Indarwati

Kepala SDN 2 Krajankulon Kaliwungu Kendal

 

 

ABSTRAK

Penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas dan kemampuan pembelajaran online masa vandemi covid-19 dengan memanfaatkan akun@belajar.id melalui google classroom melalui pendampingan guru. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan informasi aktivitas guru dalam pembelajaran online menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Strategi yang digunakan adalah pendampingan online dengan google classroom melalui lima tahapan operasional yaitu: guru menyiapkan RPP; menyiapkan materi ajar dan penugasan kemudian mengunggah di google classroom; siswa mempelajari materi pelajaran dan mengerjakan tugas, serta mengunggah di google classroom melalui akun @belajar.id. Perangkat yang digunakan adalah handphone/laptop; dengan masuk dalam anggota akun kelas GCR, KS melakukan monitoring pembelajaran online; evaluasi pelaksanaan dan tindak lanjut. Strategi pendampingan KS melalui akun@belajar.id dimaksudkan sebagai pengawasan dalam pelaksanaan pembelajaran online. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran online dengan memanfaatkan akun@belajar.id melalui google classroom mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil aktivitas siklus I sebagai peningkatan proses pembelajaran online masa vandemi covid-19 dengan pemanfaatan akun @belajar.id melalui google classroom dengan hasil 3,8 persentase 76 meningkat di siklus II menjadi 4,5 persentase 90%. Hasil kemampuan guru siklus I dalam pembelajaran online di masa vandemi covid-19 dengan pemanfaatan akun @belajar.id melalui google classroom dengan hasil 3,9 persentase 77,5% meningkat di siklus II menjadi 4,6 persentase 91%.

 

Kata kunci: pembelajaran online, vandemi covid-19, dan akun @belajar.id, classroom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan