Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

9.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021

PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN INSTRUMEN TES BAGI GURU SDN 1 NAMBUHAN PURWODADI GROBOGAN

 

Ruswadi

Kepala SDN 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

 

ABSTRAK

 Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat mengikuti kegiatan dan kemampuan pengembangan instrumen tes melalui penerapan supervisi klinis bagi guru SDN 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang memiliki pengalaman mengajar kurang dari 5 tahun sejumlah 3 orang yaitu kelompok guru kelas tinggi, yaitu guru kelas IV, V dan VI. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan yang mliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan minat guru dalam mengembangkan instrumen tes, yakni nilai minat pada siklus I sebesar 79 menjadi 93 pada siklus II. Kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas memiliki kepentingan secara langsung dengan guru terutama dalam membina mengembangkan keterampilan dan pengetahuan guru yang berkaitan dengan pengembangan instrumen tes.

 

Kata kunci: supervisi klinis, minat dan kemampuan mengembangkan instrumen tes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan