7.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS BAGI SISWA KELAS V SDN 2 KUWU KRADENAN GROBOGAN
Totok Warsito
Guru Mapel PJOK SDN 2 Kuwu Kec. Kradenan Kab. Grobogan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis pendek dalam bulutangkis dan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani dengan metode pembelajaran massed practice pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sejumlah 23 anak terdiri dari laki-laki 9 orang dan perempuan 14 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran massed practice dapat meningkatkan hasil belajar servis pendek dalam bulutangkis dan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Ada peningkatan hasil belajar keterampilan servis pendek dalam bulutangkis pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020, setelah diterapkan metode pembelajaran massed practice. Metode pembelajaran massed practice dapat meningkatkan keterampilan servis pendek dalam bulutangkis pada siswa kelas pada siswa kelas V SDN 2 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Massed Practice, hasil belajar service pendek, permainan bulutangkis