Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

6. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN KUALITAS RPP SATU LEMBAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK GURU-GURU SD KELAS IV, V, DAN VI GUGUS PANTAI KARTINI KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Karsidi

Pengawas Sekolah Kabupaten Sukoharjo

 

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas RPP satu lembar guru-guru SD kelas IV, V, dan VI Gugus Pantai Kartini Mojolaban tahun pelajaran  2020/2021  melalui  supervisi  akademik.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV sebanyak 10 orang. Guru Kelas V sebanyak 10 orang dan guru kelas VI sebanyak 10 orang dari 8 SD Negeri dan 2 SD Swasta di gugus Pantai Kartini Mojolaban Sukoharjo. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan proposal (2) membuat instrumen (3) pelaksanaan supervisi akademik secara kelompok (Penataran tingkat lokal) dalam siklus I dan supervisi akademik secara individu (percakapan individu)) dalam siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan. Penelitian tindakan sekolah ( PTS ) termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I teknik penataran tingkat lokal dan hasil siklus II dengan teknik percakapan pribadi. Hasil penelitian siklus I RPP satu lembar yang dibuat oleh guru-guru kelas IV, V, dan VI masih belum maksimal maka perlu diadakan supervisi lagi pada siklus II yaitu pelaksanaan tindakan supervisi secara individual (percakapan individu). Hasil rata-rata kualitas RPP satu lembar pada kondisi awal 58,5 (kategori kurang ); pada siklus I 75,6 (kategori baik ). Peningkatan hasil siklus I dibanding kondisi awal 29,3%. Sedangkan hasil rata-rata kualitas RPP pembelajaran tematik pada siklus II 85,22 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus I 13%.

 

Kata Kunci : Peningkatan Kualitas RPP satu lembar, supervisi akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan