Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

5. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POTENSI BUDAYA…

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POTENSI BUDAYA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DENGAN DISKUSI TIPE NHT

 

Erni Baiti

Guru SMPN 2 Comal

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan proses pembelajaran kurang bervariasai, prestasi belajar peserta didik kurang memuaskan sehingga proses pembelajaran yang berlangsung belum efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kreatif dan prestasi belajar peserta didik pada materi Potensi Budaya Indonesia melalui model pembelajaran portofolio dengan diskusi tipe NHT. Data awal diperoleh dari dokumen daftar nilai, pengamatan, lembar angket dan hasil tes formatif setelah akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah peningkatan sikap kreatif belajar peserta didik jumlah kriteria sangat baik dan baik pada siklus I berjumlah 26 peserta didik atau 68,42% pada siklus II meningkat menjadi 32 peserta didik atau 84,21%. Hasil tes kompetensi pengetahuan siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan hasil tes siklus I yaitu dari 10 peserta didik atau 26,32% yang memperoleh nilai diatas KKM meningkat menjadi 31 peserta didik atau 81,58%. Dari penilaian kompetensi keterampilan diperoleh peningkatan reratanya dari 74,87 meningkat menjadi 80,66 dan presentase ketuntasan belajar dari 78,95% meningkat menjadi 89,47%.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Portofolio, Diskusi tipe NHT, Potensi Budaya Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan