Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

5.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTU “MOBEL” BAGI SISWA SMP 5 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

Hartadi

harhartadi20@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbantu“Mobel” monopoli belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari laki-laki 15 dan perempuan 17, Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) berbantu“Mobel”Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan. Pada siklus I kelas dibagi 6 kelompok,anggota kelompok 5 siswa ada yang 6 siswa pada siklus II dibagi menjadi 8 kelompok, anggota kelompok 4 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dalam aktivitas maupun hasil belajar, aktivitas siswa pada pra siklus rata-rata sebesar 59,17, Pada siklus I sebesar 70,09, dan pada siklus II Aktivitas siswa dalam kelompok mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 79,17. Hasil belajar yang tuntas belajar 15 siswa (46,88%) pada pra siklus menjadi 23 siswa (71,88%) pada siklus I, dan menjadi 29 siswa (90,63%) pada siklus II. Nilai terendah pada pra siklus 50, pada siklus I 58, dan siklus II 64, Nilai tertinggi pada pra siklus 84, pada siklus I 90 dan siklus II 91 sedangkan nilai rata rata yang diperoleh siswa pada pra siklus 68,93, pada siklus I 73,87 dan siklus II 77,89.

 

Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, Teams Games Tournament, monopoli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan