Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

3. PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR…

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI TEORI KEJURUAN PCKR MELALUI APLIKASI WHATSAPP SISWA PKL KELAS XI TKR 1 SMKN 2 PATI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Djoko Suwarto

SMK Negeri 2 Pati, email : djokopati@yahoo.com

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kompetensi teori kejuruan PCKR melalui aplikasi whatsapp siswa praktik kerja lapangan kelas XI TKR 1 SMK Negeri 2 Pati semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setting penelitian di SMK negeri 2 Pati dan menggunakan variable motivasi belajar dan hasil belajar kompetensi teori kejuruan PCKR. Subjek penelitian adalah siswa praktik kerja lapangan kelas XI TKR 1 SMK Negeri 2 Pati semester genap tahun 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian pada siklus 1, yang memiliki motivasi belajar yang tinggi hanya 31,25% atau 10 siswa, nilai teori kejuruan PCKR rata-rata 67, siswa yang mencapai KKM sejumlah 20 siswa atau 62,50%. Pada siklus 2, yang memiliki motivasi belajar yang tinggi 75% atau 22 siswa, nilai teori kejuruan PCKR rata-rata 83, siswa yang mencapai KKM sejumlah 29 siswa atau 90,63%. Jadi terjadi peningkatan motivasi belajar dari 17 menjadi 24 siswa atau 21,88% dan nilai teori kejuruan PCKR rata-rata dari 71 menjadi 83. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari 20 siswa menjadi 29 siswa dan ketuntasan belajar meningkat dari 62,50% menjadi 90,63%.

 

Kata kunci: Kompetensi Kejuruan, Whatsapp dan Hasil belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan