Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

3. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TEKNIK PEMBUATAN LAY OUT PCB MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X TAV 2 SMKN 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Asrul Sani

SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal, email : asrulsaniadw24@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar materi teknik pembuatan lay out PCB menggunakan model Project Based Learning pada peserta didik kelas X TAV 2 SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Proses pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini direncanakan menggunakan 2 siklus. Siklus I terdiri atas 3 pertemuan dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus II dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan dan aktivitas belajar belum sesuai dengan target dan indikator kinerja serta ketuntasan klasikal. Pada siklus II dilkukan pebaikan dengan memberikan motivasi di awal siklus dan kegiatan presentasi setiap kelompok setelah selesai penugasan. Populasi dari penelitian 144 peserta didik, sedangkan sampel penelitian sebanyak 36 peserta didik dengan rincian 22 laki-laki dan 14 perempuan. Data-data penelitian diambil dari hasil tes, non tes dan tugas proyek. Hasil penelitian penerapan model Project Based Learning ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sebesar 63,39% meningkat menjadi 82,41% pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan peserta didik dari siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 86,11% pada siklus II.

 

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, project based learning, teknik pembuatan lay out PCB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan