Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

3.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS TABUNG DAN LUAS KERUCUT SISWA KELAS IXA SEMESTER II SMP NEGERI 2 COMAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

Suwarni

Guru SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, besarnya peningkatan hasil belajar, dan perubahan perilaku dalam penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual pada materi luas tabung dan luas kerucut siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Comal semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh dari membandingkan pra siklus, siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan penelitian diukur dengan kriteria ketuntasan klasikal minimal 85%, hasil belajar siswa minimal 72. Pada pra siklus hasil belajar adalah 64,29 dengan KKM 72 dan siswa yang tuntas 43%. Pada siklus I hasil belajar siswa adalah 64,53, keaktifan siswa 60,63% dengan KKM 72 siswa yang tuntas 56%. Siklus II hasil belajar siswa adalah 77,03, keaktifan siswa 74,69% dengan KKM 72 siswa yang tuntas 88%. Dari data di atas terjadi peningkatan baik rata-rata hasil belajar maupun keaktifan siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual, hasil belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan