2. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021
PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SECARA BERKELOMPOK MENGGUNAKAN METODE COPY THE MASTER DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 MIRIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Aris Margono
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Mirit Kabupaten Kebumen
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis teks berita secara berkelompok, dan membekali siswa dengan keterampilan abad 21 yang ditandai dengan penguatan kualitas karakter, literasi dasar, dan komptensi. Metode yang digunakan yaitu, copy the master dengan bantuan multimedia. Berdasarkan hasil analisis data pada akhir siklus penelitian, yaitu siklus II, dinyatakan bahwa semua siswa memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, yaitu 75. Perolehan nilai hasil belajar siswa mengalami kenaikan pada tiap siklusnya. Pada prasiklus rata-rata nilai hasil belajar siswa 73, siklus I naik menjadi 80, siklus II naik lagi menjadi 90. Hasil pengamatan proses belajar pada tiap siklus penelitian menunjukkan adanya penguatan kualitas karakter, literasi dasar, dan komptensi. Hal ini berarti pembelajaran menulis teks berita secara berkelompok menggunakan metode copy the master dengan bantuan multimedia dapat digunakan untuk membekali siswa dengan keterampilan abad 21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks berita secara berkelompok menggunakan metode copy the master dengan bantuan multimedia dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks berita, dan dapat digunakan untuk membekali siswa dengan keterampilan abad 21.
Kata kunci : Menulis teks berita, Metode copy the master, Multimedia.