2.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021
PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTILITERASI TENTANG SUMBER ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XII MIPA 7 SMAN 1 UNGARAN
Haryono
SMAN 2 Semarang, Email : haryonoditaria@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya literasi sains siswa tentang sumber energi karena minat belajar siswa turun dan cenderung pasif dalam pembelajaran serta kurang peduli terhadap penggunaan listrik di kelas. Tujuan PTK ini untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas XII MIPA 7 SMAN 1 Ungaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa adalah dengan pembelajaran multiliterasi yang diterapkan dalam PTK ini. PTK ini memiliki tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi setiap siklus diperoleh nilai rata-rata literasi sains siswa pada siklus I sebesar 72,80, pada siklus II sebesar 80,60 dan pada siklus III sebesar 84,40. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasannya disimpulkan bahwa pembelajaran multiliterasi dapat meningkatkan literasi sains siswa tentang sumber energi.
Kata Kunci: Literasi Sains, Pembelajaran Multiliterasi