Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

12. MENINGKATKAN PEMAHAMAN LUAS BANGUN DATAR…

MENINGKATKAN PEMAHAMAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIIIA SEMESTER GENAP

MTs NEGERI 2 KOTA SEMARANG

 

Wahyu Sulistyaningrum

Email : wahyusulistyaningrum72@gmail.com

 

 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian adalah supaya siswa dapat meningkatkan pemahaman luas bangun datar dalam menyelesaikan keliling luas lingkaran di kelas VIIIA MTs Negeri 2 Kota Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Penulis (Guru) memilih model pembelajaran ini karena menurut penulis, bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif karena selain memiliki dasar-dasar yang utama yang memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan keliling dan luas lingkaran. Model pembelajaran inkuiri terbimbing ini juga melatih siswa untuk mampu berkonsentrasi dalam memahami luas bangun datar dalam menyelesaikan keliling dan luas lingkaran. Penelitian diadakan di kelas VIIIA MTs Negeri 2 Kota Semarang, dengan 3 siklus. Pada siklus I didapat hasil rata-rata 73,84 dari nilai rata-rata 68,31 dan nilai ketuntasan dari 46,88% menjadi 62,50%. Adapun pada Siklus II didapat nilai rata-rata 77,31 dari nilai rata-rata 73,84 dan nilai ketuntasan dari 62,50% menjadi 78,13%. Dan Siklus III didapat hasil rata-rata 81,06 dari nilai 77,31. Dan nilai ketuntasan dari 78,13% menjadi 100%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa proses belajar berlangsung sangat interaktif dan menyenangkan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa di kelas mengikuti pelajaran dan hasil belajar siswa yang meningkat.

 

Kata Kunci : Luas Bangun Datar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan