LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

Semarang- LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) menyelenggarakan seleksi calon perangkat desa Kabupaten Kendal mulai
Read More
LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Untuk mendorong percepatan pendaftaran Kepala Sekolah pada Program Sekolah Penggerak (PSP), LPMP Provinsi Jawa Tengah,
Read More
PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik bagi para pemustaka dari staf, peserta diklat, maupun
Read More
Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kembali membuka kesempatan bagi para kepala sekolah untuk semakin
Read More

12. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA KELAS IXG SMPN 2 LEBAKSIU TEGAL

 

Suroto

Guru Matematika SMPN 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal

 

 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung melalui model pembelajaran kooperative tipe STAD bagi siswa kelas IXG SMPN 2 Lebaksiu Tegal Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan, yaitu dari Juli s.d Nopember 2018, pada siswa kelas IXG sebanyak 32 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengambilan data adalah teknik tes, pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa butir-butir soal tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dengan model kooperative tipe STAD mampu meningkatka keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari keaktifan dan hasil belajar yang dicapai pada pelaksanaan tindakan. Pada siklus I keaktifan anak meningkat (50,82%) dan hasil belajar meningkat menjadi rata-rata 74,06. Pada siklus II mampu meningkatkan keaktifan (72,44%) dan hasil belajar siswa dengan mencapai nilai rata-rata 82,91. Dengan demikian pembelajaran melalui model kooperative tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung bagi siswa kelas IXG SMPN 2 Lebaksiu Tegal semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: keaktifan, hasil belajar dan model kooperative tipe STAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan