Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

12.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI APLIKASI GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Lia Maylani Hendriyanti

SD Wonosari 02 Kota Semarang

 

ABSTRAK

Keberadaan mata pelajaran matematika yang pada dasarnya untuk membekali siswa berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan kemampuan bekerja sama, kurang begitu tercapai di lapangan. Pembelajaran daring yang diterapkan pemerintah dalam masa pandemic covid-19 memberikan dampak nyata bagi kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa kurang aktif dan sulit dalam memahami pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran menggunakan Google Meet dalam pembelajaran Matematika materi penaksiran pada siswa kelas IV di SDN Wonosari 02 Kota Semarang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi penaksiran melalui pembelajaran menggunakan Google Meet pada siswa kelas IV di SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran menggunakan Google Meet berlangsung dengan baik dan mengalami perbaikan-perbaikan pada setiap siklusnya. Terbukti dari hasil observasi dapat dilihat pada pada siklus I observasi guru adalah 79 dan observasi siswa 80 sedangkan pada siklus II observasi guru adalah 87 dan observasi siswa 86, (2) Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat pada prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 68% dengan rata-rata nilai kelas 62,03, sedangkan pada siklus II mencapai 91% dengan rata-rata nilai kelas 73,71.

 

Kata Kunci : google meet, pembelajaran daring, penaksiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan