Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

11. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS…

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN MELALUI EXPLICIT INSTRUCTION BAGI SISWA KELAS IVA SDN 1 TLOGOPUCANG KANDANGAN TEMANGGUNG

 

Wahno

Guru PAI SDN 1 Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi membaca dan menulis huruf al- qur’an melalui model explicit instruction bagi siswa kelas IVA SDN 1 Tlogopucang Kandangan Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 mulai Januari s.d. Juni 2017. Subjek penelitian sejumlah siswa 25 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil belajar materi membaca dan menulis huruf al-qur’an dapat ditingkatkan melalui model explicit instruction bagi siswa kelas IVA SDN 1 Tlogopucang Kandangan Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Keadaan tersebut dibuktikan dengan nilai ulangan harian siklus I diperoleh nilai belum tuntas sebanyak 3 siswa (13%) dan yang tuntas sebanyak 22 siswa (87%) dengan ilai rata-rata kelas 76,12 dan pada siklus siklus II diperoleh nilai belum tuntas sebanyak 0 siswa (0%) dan yang tuntas sebanyak 25 siswa (100%) dengan nilai rata-rata kelas: 80,16.

 

Kata kunci: hasil belajar dan model Explicit Instruction

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan