Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

11. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN KOMPETENSI MENYUSUN RPP DAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM MELALUI METODE FORMULASI BIMBINGAN INTENSIF BAGI GURU SMPN 2 JATIPURNO WONOGIRI

 

Sudaryatni

Kepala SMPN 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri

 

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan kompetensi menyusun RPP dan menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM melalui metode formulasi bimbingan intensif. Penelitian dilaksanakan semester 2 tahun pelajaran 2019/2020, tepatnya mulai Januari sampai dengan Maret 2020 dengan sasaran guru-guru berjumlah 24 orang dengan rincian laki-laki 14 orang dan perempuan 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode formulasi bimbingan intensif terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis PAIKEM. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata perolehan nilainya sebesar 2.31 (baik); siklus I sebesar 3.13 (amat baik); dan siklus II sebesar 3.51 (amat baik). Ketuntasan juga meningkat, yaitu pra siklus 83% (baik); siklus I 58,33% (amat baik); dan 91,67 (amat baik). Metode formulasi bimbingan intensif terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata perolehan nilainya sebesar 2.50 (baik); siklus I sebesar 3.31 (amat baik); dan siklus II sebesar 3.45 (amat baik). Ketuntasan juga meningkat, yaitu pra siklus 100% (baik); siklus I 83.33% (amat baik); dan siklus II 100% (amat baik).

 

Kata kunci:  kompetensi menyusun RPP, pembelajaran berbasis PAIKEM, metode formulasi bimbingan intensif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan