LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

Semarang- LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) menyelenggarakan seleksi calon perangkat desa Kabupaten Kendal mulai
Read More
LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Untuk mendorong percepatan pendaftaran Kepala Sekolah pada Program Sekolah Penggerak (PSP), LPMP Provinsi Jawa Tengah,
Read More
PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik bagi para pemustaka dari staf, peserta diklat, maupun
Read More
Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kembali membuka kesempatan bagi para kepala sekolah untuk semakin
Read More

11. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN KOMPETENSI MENYUSUN RPP DAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM MELALUI METODE FORMULASI BIMBINGAN INTENSIF BAGI GURU SMPN 2 JATIPURNO WONOGIRI

 

Sudaryatni

Kepala SMPN 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri

 

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan kompetensi menyusun RPP dan menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM melalui metode formulasi bimbingan intensif. Penelitian dilaksanakan semester 2 tahun pelajaran 2019/2020, tepatnya mulai Januari sampai dengan Maret 2020 dengan sasaran guru-guru berjumlah 24 orang dengan rincian laki-laki 14 orang dan perempuan 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode formulasi bimbingan intensif terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis PAIKEM. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata perolehan nilainya sebesar 2.31 (baik); siklus I sebesar 3.13 (amat baik); dan siklus II sebesar 3.51 (amat baik). Ketuntasan juga meningkat, yaitu pra siklus 83% (baik); siklus I 58,33% (amat baik); dan 91,67 (amat baik). Metode formulasi bimbingan intensif terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata perolehan nilainya sebesar 2.50 (baik); siklus I sebesar 3.31 (amat baik); dan siklus II sebesar 3.45 (amat baik). Ketuntasan juga meningkat, yaitu pra siklus 100% (baik); siklus I 83.33% (amat baik); dan siklus II 100% (amat baik).

 

Kata kunci:  kompetensi menyusun RPP, pembelajaran berbasis PAIKEM, metode formulasi bimbingan intensif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan