Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

10. PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA…

PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI LISTRIK DINAMIS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING KELAS IXD SMP NEGERI 1 PEDAN SEMESTER GASAL TAHUN 2019/2020

 

Triyanta

Guru SMP Negeri 1 Pedan, Kabupaten Klaten

 

 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA materi Listrik Dinamis Dalam Kehidupan Sehari-hari bagi siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Pedan Kabupaten Klaten pada semester gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan dengan digunakan pendekatan Cooperative Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA. Dari kondisi awal kreativitas siswa agak rendah, dimana masih ada enam siswa saat belajar bermain dengan temannya, tiga siswa kepalanya ditaruh di meja, delapan siswa yang mencontoh temannya saat mengerjakan tugas, dan belum ada satupun yang bertanya. Prestasi belajar diperoleh rata – rata nilai Penilaian Harian 71,03, siswa yang tuntas 21, nilai terendah 49, dan nilai tertinggi 91. Pada siklus II kreativitas siswa menjadi tinggi, tidak ada siswa yang bermain dengan temannya, tidak ada yang kepalanya ditaruh di meja, tidak ada yang mencotoh temannya, dan sudah ada lima siswa yang bertanya. Prestasi belajarpun juga meningkat, rata- rata nilai Penilaian Harian menjadi 78,48 dan siswa yang tuntas 26 siswa, nilai terendah 54 , nilai tertingggi 98.

 

Kata kunci : Kreativitas dan prestasi belajar IPA, pendekatan Cooperative Learning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan