LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

LPMP Jateng Fasilitasi Seleksi Calon Perangkat Desa Kabupaten Kendal Tahun 2021

Semarang- LPMP Jateng. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (LPMP Jateng) menyelenggarakan seleksi calon perangkat desa Kabupaten Kendal mulai
Read More
LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

LPMP Jateng Gelar Webinar Pendaftaran Kepala Sekolah Penggerak

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Untuk mendorong percepatan pendaftaran Kepala Sekolah pada Program Sekolah Penggerak (PSP), LPMP Provinsi Jawa Tengah,
Read More
PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

PERPUSTAKAAN LPMP JATENG SAAT INI

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik bagi para pemustaka dari staf, peserta diklat, maupun
Read More
Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Anda Kepala Sekolah? Jadilah KS Penggerak!

Srondol Kulon, LPMP Jateng – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kembali membuka kesempatan bagi para kepala sekolah untuk semakin
Read More

10. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI PELATIHAN TERBIMBING BAGI GURU SDN 2 PATUKANGAN KENDAL

 

Ninik Chaeroni

Kepala SDN 2 Patukangan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

 

 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan kompetensi menyusun RPP jarak jauh melalui pelatihan terbimbing bagi guru SDN 2 Patukangan Kendal semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Patukangan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 (Juli s.d. September 2020). Subjek penelitian adalah guru berjumlah 9 orang yang terdiri dari 7 guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perolehan rata-rata skor kompetensi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh siklus I sebesar 4,2 (kategori baik) dengan 22,2% guru yang mendapat kategori sangat baik, meningkat menjadi 4,7 (kategori sangat baik) dengan 88,88% guru yang mendapat kategori sangat baik pada siklus II. Aspek aktivitas guru dalam mengikuti pelatihan terbimbing penyusunan RPP juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 4,3 (kategori baik) dengan 33,30% guru yang mendapat kategori sangat baik, meningkat menjadi 4,7 (kategori sangat baik) dengan 88,90% guru yang mendapat kategori sangat baik pada siklus II.

 

Kata kunci: kompetensi, RPP dan pelatihan terbimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan