Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

10. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI PELATIHAN TERBIMBING BAGI GURU SDN 2 PATUKANGAN KENDAL

 

Ninik Chaeroni

Kepala SDN 2 Patukangan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

 

 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan kompetensi menyusun RPP jarak jauh melalui pelatihan terbimbing bagi guru SDN 2 Patukangan Kendal semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Patukangan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 (Juli s.d. September 2020). Subjek penelitian adalah guru berjumlah 9 orang yang terdiri dari 7 guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 3 kali pertemuan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perolehan rata-rata skor kompetensi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh siklus I sebesar 4,2 (kategori baik) dengan 22,2% guru yang mendapat kategori sangat baik, meningkat menjadi 4,7 (kategori sangat baik) dengan 88,88% guru yang mendapat kategori sangat baik pada siklus II. Aspek aktivitas guru dalam mengikuti pelatihan terbimbing penyusunan RPP juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 4,3 (kategori baik) dengan 33,30% guru yang mendapat kategori sangat baik, meningkat menjadi 4,7 (kategori sangat baik) dengan 88,90% guru yang mendapat kategori sangat baik pada siklus II.

 

Kata kunci: kompetensi, RPP dan pelatihan terbimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan