Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

10.) ABSTRAK ARTIKEL HASIL PENELITIAN DI JURNAL WIDYA TAMA LPMP JAWA TENGAH EDISI OKTOBER 2021

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBUAT RPP MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS LESSON STUDY BAGI GURU SD NEGERI 1 PAGEDONGAN KECAMATAN PAGEDONGAN KABUPATEN BANJARNEGARA

 

Kamilah Siswati

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pagedongan

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya Motivasi guru dalam menyusun perencanaan dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 1 Pagedongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membuat RPP melalui Pendampingan    Berbasis Lesson Study di SD Negeri 1 Pagedongan Kecamatan Pagedongan. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021, dengan mengambil subyek penelitian guru kelas di SD Negeri 1 Pagedongan yang berjumlah 6 orang. Metode yang digunakan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan & observasi dan refleksi. Hasil Optimalisasi Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 50,51 pada pra siklus meningkat menjadi 82,82 pada siklus II. Optimalisasi Pendampingan berbasis lesson study dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 52,67 pada pra siklus meningkat menjadi 86,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 1 Pagedongan.

 

Kata Kunci :Motivasi, Membuat RPP, Pendampingan Berbasis Lesson Study

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan