Proyeksi Layar HP Ke PC dan Laptop : Screen Mirroring Menggunakan Vysor

Dwi Kustari, S.Sos. BBPMP Provinsi Jawa Tengah   Pengantar Saat melakukan presentasi tentang sebuah aplikasi, terkadang kita dituntut untuk menunjukkan...
Read More

Laporan ULT Bulan Maret 2022

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Maret 2022 ULT LPMP Provinsi Jawa Tengah   Jumlah Pengunjung ULT LPMP Provinsi Jawa...
Read More

Release Update ARKAS V 3.3

Pada Tanggal 21 April 2022 Aplikasi arkas update Release Update ARKAS V 3.3. Berikut adalah listperbaikannya: 1. Penyesuaian tarif PPn...
Read More

Bimtek Platform Merdeka Belajar dan IKM bagi Pengawas Angkatan I

Semarang-LPMP Jateng.  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka...
Read More

1. ABSTRAK ARTIKEL JURNAL WIDYA TAMA EDISI JUNI 2021

“MENU SUPER ZOMET”

UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK NEGERI 1 WARUREJA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

 

A. Marsiti

Kepala SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kompetensi guru SMK Negeri 1 Warureja dalam proses pembelajaran jarak jauh atau (PJJ) di semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Negeri 1 Warureja dalam proses pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan media Zoom Meeting untuk supervisi guru dalam pembelajaran daring, dengan mengambil Subjek penelitian semua guru yang berjumlah 73 orang. Pelaksanaan penelitian berkolaborasi dengan Wakil Kepala Sekolah dan Ketua Progran Keahlian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah dengan melakukan dua tindakan dalam dua siklus masing- masing terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pelaksanaan supervisi dapat meningkatkan kompetensi guru, dari pra siklus atau sebelum penelitian, mengalami peningkatan dari guru yang memperoleh nilai kategori A berjumlah 8 orang atau (10,95%) yang semula tidak ada, kategori B dari 21 orang (28,76%) mejadi 60 orang (82,19%), dan kategori C dari 52 orang (71,23%) menjadi 14 orang (19,17%). Peningkatan kategori B dari kondisi awal sebelum penelitian hingga akhir penelitian dari 26,02% menjadi 82,19% atau mengalami peningatan sebesar 53,43%.

 

Kata kunci : kompetensi guru, supervisi, model MENU SUPER ZOMET.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

iklan