ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan guru SD Negeri 3 Godong Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan dalam menerapkan pembelajaran PAIKEM setelah dilakukan tindakan pembinaan dan pengawasan pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri 3 Godong yang berjumlah 8 Guru . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).dilaksanakan melalui 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi..Hasil Penelitian Tindakan Sekolah menunjukkan bahwa pada kondisi awal guru belum menerapkan pembelajaran PAIKEM dengan optimal. Sebagian besar guru belum mengikuti langkah-langkah yang benar, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih mendominasi aktivitas pembelajaran, belum mengoptimalkan penggunaan alat bantu dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, belum menyediakan pojok baca dengan baik, belum menerapkan belajar kelompok dengan baik, dan guru belum mampu mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah, hal ini tercermin dalam ketercapaian indikator pembelajaran PAIKEM yang baru mencapai 40,00%. Setelah dilakukan pembinaan dan pendampingan tentang pembelajaran Paikem kemampuan guru dalam pembelajaran meningkat menjadi 60,00% setelah dilakukan tindakan pertama, dan meningkat menjadi 87,5% setelah dilakukan tindakan kedua, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembinaan dan pengawasan dalam pembelajaran PAIKEM kemampuan guru meningkat.

 

 

Kata kunci: Metode Paikem,Pembinaan dan Pengawasan , Kemampuan Guru Meningkat

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.