Jurnal Pendidikan LPMP Jawa Tengah Widyatama Vol 13 No. 2, Juni 2016 Media Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ISSN: 1693 – 8631

Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah

ABSTRAK

 

Perpustakaan sekolah merupakan tempat menyediakan berbagai informasi yang bertujuan untuk mendukung, memperlancar serta mempertinggi kualitas pelaksanaan kegiatan belajar bagi para siswa. Dengan kata lain, perpustakaan sekolah merupakan tempat pengumpul, pelestari, pengolah, pemanfaat dan penyebar luas sebagai hal yang berhubungan dengan informasi, khusus yang terkait dengan materi pembelajaran atau kurikulum yang berlaku. Peranan perpustakaan dalam pencapaian kurikulum di sekolah hanya akan dapat terwujud apabila perpustakaan dikelola secara efektif dengan memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan proses belajar mengajar. Manajemen perpustakaan sekolah dapat dikatakan memiliki nilai efektivitas yang tinggi apabila layanan yang diberikan memiliki nilai perbandingan yang tinggi dengan tujuan yang diharapkan. Permasalahan-permasalahan yang terjadi sehingga fungsi perpustakaan kurang dapat dimanfaatkan secara optimal, antara lain: kurangnya minat baca di kalangan siswa, kondisi perpustakaan yang kurang terawat, buku-buku yang tersedia kurang memadai, tidak adanya petugas khusus perpustakaan dan kurangnya perhatian dari guru terhadap keberadaan perpustakaan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan agar perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal, antara lain: penataan ruang perpustakaan yang lebih baik, memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin mengunjungi perpustakaan, mewajibkan siswa untuk menjadi anggota, menyedikan buku yang menarik, menyediakan petugas khusus, meningkatkan peran kepala sekolah, perbaikian bangunan perpustakaan dan meningkatkan kepedualian guru terhadap keberadaan perpustakaan.

 

 

Kata kunci: efektivitas dan kualitas pembelajaran

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Paikem Melalui Pembinaan Dan Pengawasan di SD Negeri 3 Godong Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan guru SD Negeri 3 Godong Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan dalam menerapkan pembelajaran PAIKEM setelah dilakukan tindakan pembinaan dan pengawasan pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri 3 Godong yang berjumlah 8 Guru . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).dilaksanakan melalui 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi..Hasil Penelitian Tindakan Sekolah menunjukkan bahwa pada kondisi awal guru belum menerapkan pembelajaran PAIKEM dengan optimal. Sebagian besar guru belum mengikuti langkah-langkah yang benar, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih mendominasi aktivitas pembelajaran, belum mengoptimalkan penggunaan alat bantu dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, belum menyediakan pojok baca dengan baik, belum menerapkan belajar kelompok dengan baik, dan guru belum mampu mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah, hal ini tercermin dalam ketercapaian indikator pembelajaran PAIKEM yang baru mencapai 40,00%. Setelah dilakukan pembinaan dan pendampingan tentang pembelajaran Paikem kemampuan guru dalam pembelajaran meningkat menjadi 60,00% setelah dilakukan tindakan pertama, dan meningkat menjadi 87,5% setelah dilakukan tindakan kedua, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembinaan dan pengawasan dalam pembelajaran PAIKEM kemampuan guru meningkat.

 

 

Kata kunci: Metode Paikem,Pembinaan dan Pengawasan , Kemampuan Guru Meningkat

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi Melalui Penggunaan Media Massa Cetak Dengan Metode Image Streaming Bagi Siswa Kelas VII F SMP Negeri I Cawas Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui metode Image Streaming dengan penggunaan media massa cetak, meningkatkan keteraturan dan keruntutan dalam menulis melalui metode Image Streaming dengan penggunaan media massa cetak dan meningkatkan penguasaan kosakata dalam pembelajaran menulis melalui metode Image Streaming dengan penggunaan media massa cetak. Hasil simpulan penelitian ini pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 5,95% dari 74,88 pada kondisi awal menjadi 79,47 setelah siklus II. Siswa yang mencapai kategori pembelajaran tuntas sebesar 78,13% atau sebanyak 25 siswa dari total 32 siswa.

 

 

Kata kunci : menulis eksposisi, media cetak, image streaming

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Intensive Training Methods To Improve Skills Operate The Reduction In Different Fractions Berpenyebut Class V Semester 2 SD State District Triguno Pucakwangi Year 2015/2016

ABSTRAK

 

The purpose of this research in general is to improve the ability of teachers to teach and improve student skills in operating different berpenyebut fractional reduction through Classroom Action Research (CAR). In particular, the purpose of the study are : 1) To describe the steps of learning through explanations , examples and exercises giving incentives in mathematics , 2 ) Analyze the steps of learning through intensive training in improving students' ability subtracting fractions berpenyebut not the same/different. When the study carried out in the second semester housed in elementary school Triguno Pucakwangi District of Pati regency , with research subjects are students of class V, which amounted to 15 children. The method used in this research is the method of action research. Action is used three times in three cycles. The first cycle of implementing the act of learning by demonstration models props card numbers, graphs, and tables multiplication with classical learning. The second cycle of the application of action learning model which is the same as the drill method performed by each child in each group. The third cycle of the implementation of the action learning model is similar to the method of intensive training conducted by each of the children in small groups, while the phase in each cycle consists of: 1) a plan of action, 2) the implementation of the action, 3) observing the action, 4) act of reflection. The result of intensive research training method can improve the skills of different operations berpenyebut fractional reduction can be concluded: 1) media play a role in improving students' motivation in learning subtracting fractions and fractions usual mix denominator is not the same. 2) By using a visual fraction cards, students develop their skills in regular subtracting fractions and reduce the fraction berpenyebut not the same mixture of 26.7% to 93.3%. 3) Through intensive training can improve students' ability to reduce the fraction of the usual and subtracting fractions denominator mixture bebeda / not the same.

 

 

Keywords: Intensive Training, Learning Mathematics, Reducing Fractions.

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.