ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyusun laporan PTK pada guru

SMP Negeri 2 Winong Golongan IV/a tahun 2015. Pada saat diadakan penilaian memperoleh nilai ratarata 63,2, mendapat nilai 71 – 85 sebanyak 2 orang (16,7% ), nilai 61 – 70 sebanyak 7 orang (58,3%), sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 61 sebanyak 3 orang (25,0%).Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan proses pembimbingan melalui Teknik ICOM-ACTION, dan meningkatkan kemampuan guru SMP 2 Winong menyusun laporan PTK. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Masing masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian, terjadi peningkatan; keaktifan guru, siklus I, nilai 76,38, pada siklus II menjadi 90,28, keaktifan pembimbing

siklus I nilai 61,67 menjadi 90,00 siklus II, kemampuan menyusun laporan PTK pra siklus nilai 63,2, siklus I menjadi 76,8, siklus II menjadi 94,4.

 

 

Kata Kunci : ICOM ACTION, kemampuan guru, menyusun laporan PTK

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.