Jurnal Pendidikan LPMP Jawa Tengah Widyatama Vol 13 No. 4, Desember 2016 Media Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ISSN: 1693 – 8631

Model Apiec Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Yang “Apik” Pada SMPN 1 Jaken Tahun 2015

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan model APIEC untuk meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas yang APIK, 2) mendeskripsikan peningkatan kreativitas guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas yang APIK setelah diterapkannya model APIEC, dan c) mendeskripsikan perubahan sikap guru setelah diterapkannya model APIEC. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus melalui penerapan Model APIEC (Analysis, Planning, Implementation, Evaluation, Commnication) di SMP Negeri 1 Jaken terhadap 14 guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan tentang PTK namun belum dapat menghasilkan laporan PTK. Hasilnya menunjukkan bahwa proses penerapan model APIEC terlaksana dengan amat baik (A), kreativitas guru dalam menyusun PTK yang APIK dapat ditingkatkan melalui model APIEC dan terjadi perubahan sikap guru semakin senang setelah diterapkan model APIEC.

 

 

Kata kunci : APIEC, Kreativitas Guru, Sikap Guru, APIK

FIle PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Penerapan Pembimbingan Melalui Icom-Action Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan PTK Pada Guru SMP Negeri 2 Winong Golongan Iv/A Tahun 2015

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyusun laporan PTK pada guru

SMP Negeri 2 Winong Golongan IV/a tahun 2015. Pada saat diadakan penilaian memperoleh nilai ratarata 63,2, mendapat nilai 71 – 85 sebanyak 2 orang (16,7% ), nilai 61 – 70 sebanyak 7 orang (58,3%), sedangkan yang memperoleh nilai ≤ 61 sebanyak 3 orang (25,0%).Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan proses pembimbingan melalui Teknik ICOM-ACTION, dan meningkatkan kemampuan guru SMP 2 Winong menyusun laporan PTK. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Masing masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian, terjadi peningkatan; keaktifan guru, siklus I, nilai 76,38, pada siklus II menjadi 90,28, keaktifan pembimbing

siklus I nilai 61,67 menjadi 90,00 siklus II, kemampuan menyusun laporan PTK pra siklus nilai 63,2, siklus I menjadi 76,8, siklus II menjadi 94,4.

 

 

Kata Kunci : ICOM ACTION, kemampuan guru, menyusun laporan PTK

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah

ABSTRACT

 

The purpose of this action research was to determine whether the implementation of the

scientific approach using PBL models to improve learning achievement and problem solving skills in science subjects at population and environment concept. The study lasted for two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Each cycle consists of two meetings. The data in this study is the quantitative ones obtained through the evaluation results of each end of the cycle. In addition, the form of qualitative data obtained through observation, and teacher collaboration journal. Results of this study is the learning and problem solving skills have increased. This result show that implementation of a scientific approach using PBL models can improve learning achievement and problem solving skills.

 

 

Keywords : scientific approach, problem based learning, learning achievement, problem solving skills

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Shalat Wajib Melalui Strategi Modelling The Way Pada Siswa Kelas Iv.A SDN 1 Tlogopucang Tahun Ajaran 2014/2015

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan

melakukan shalat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa kelas IV.A SD Negeri 1 Tlogopucang Semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV.A SD Negeri 1 Tlogopucang semester I tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 31 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan melakukan shalat wajib pada siswa Kelas IV SD Negeri 1 TlogopucangSemester I tahun pelajaran 2014/2015. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek membaca rukun shalat nilai rata-rata meningkat 1,1 (21,8%) dari kategori baik menjadi amat baik, aspek membaca syarat shalat nilai rata-rata naik 0,7 (14,8%) dari kategori baik menjadi amat baik, aspek membaca hal yang membatalkan shalat nilai rata-rata meningkat

0,7 (15,7%) dari kategori baik menjadi amat baik, dan aspek praktik shalat nilai rata-rata naik 0,9 (18,3%) dari kategori baik menjadi amat baik. Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 10 siswa (30%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 31 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 21 siswa (70%) dan nilai rata-rata kelas dari 60,2 menjadi 85,0, meningkat sebesar 24,8.

 

 

Kata Kunci: aktivitas, kemampuan shalat wajib, strategi modelling the way

FIle PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.