LPMP Jawa Tengah melaksanakan seminar nasional hasil implementasi kurikulum dengan tema: “Inovasi Pendidikan dalam Mendukung Daya Saing di Era Global” pada hari Selasa, 31 Mei 2016. Seminar yang dilaksanakan di aula utama LPMP Jateng ini merupakan puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016. Seminar dihadiri lebih dari 200 guru, kepala sekolah, pengawas dan mahasiswa LPTK di Provinsi Jawa Tengah.

Narasumber Seminar terdiri atas Dr. Mulyadi HP, M.Pd (Widyaiswara Utama LPMP Jawa Tengah), Muhammad Arif Hidayat (penulis buku dan pengeleola Komunitas Belajar Qoryah Thoyyibah), Kusuma Dyah Sekararum (Integrator dan intepreneour, penggagas program Moo’s Project, UR Travelearner, Sepedagi, dan Jazz Ping Gir Kali), dan Arie Kurniawan (The GE jet Engine Bracket 1st Winner) dengan keynote Speaker Dr. Supriano, M.Ed, Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

 

Kepala LPMP Jawa Tengah, Drs. Harmanto, M.Si menyampaikan bahwa LPMP Jateng menghadirkan narasumber yang unik dan sangat mumpuni di bidangnya. Narasumber itu sengaja dihadirkan untuk memberikan ide inovatif tentang perlunya sentuhan yang berbeda dalam pembelajaran dan kurikulum yang dapat dijadikan alternatif bagi pendidik, pakar, praktisi ataupun pegiat pendidikan dalam membelajarkan masyarakat, terutama ketika menghadapi era global.

Diakui oleh salah satu peserta yang berprofesi sebagai guru di SMA Islam Hidayatullah Semarang, Nur Kusumawati, materi dan pembicara pada seminar yang dilaksanakan oleh LPMP Jawa Tengah telah membuka mata para peserta tentang adanya kurikulum alternatif yang bisa dijadikan pijakan bagi para pendidik dalam mencetak generasi yang siap bersaing secara global.

Pada kesempatan itu Dr. Supriano, M.Ed. menyampaikan bahwa kualitas kependidikan di Jawa Tengah sudah tidak diragukan lagi, karena Jateng adalah satu-satunya provinsi yang mampu mempertahankan hingga 10 tahun berturut-turut juara umum Olimpiade Sain tingkat Nasional. Sedangkan untuk pendidik dan tenaga pendidiknya, sebagaimana  disinggung oleh Kabid PSMP Dr. Tartib Supriyadi, M.Pd, pada saat laporan pembukaan, provinsi Jateng sudah mempertahankan juara umum lomba guru, KS, dan pengawas berprestasi tingkat nasional selama 7 tahun berturut-turut.

Seminar yang dilaksanakan sehari itu adalah puncak kegiatan peringatan hari pendidikan nasional oleh LPMP Jawa Tengah. Sesuai dengan edaran dari pemerintah, peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016, Hardiknas dilaksanakan selama satu bulan penuh pada bulan Mei sebagai bulan pendidikan dengan konsep gerakan bersama yang melibatkan semua unsur masyarakat dengan tema pokok “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan yang dirancang dalam tema yang berbeda di setiap minggunya selama bulan Mei. Adapun tema-tema tersebut meliputi:

  1.  "Kembali ke Sekolah” yang dilaksanakan pada minggu ke 1. Dengan tema kembali ke sekolah, LPMP Jawa Tengah berkolaborasi dengan ekosistem pendidikan     yang terdiri atas widyaiswara, dosen LPTK, dan pendidik lainnya untuk benar-benar kembali ke sekolah. Para pakar dan praktisi pendidikan tersebut ditugaskan untuk kembali ke sekolah tempat dahulu pernah belajar dan memberikan motivasi serta inspirasi kepada adik-adik kelasnya.
  2.  Untuk melaksanakan tema “Ekspresi Merdeka” pada minggu ke 2, LPMP Jawa Tengah melaksanakan ziarah pendidikan ke dua pahlawan pendidikan Indonesia, yakni Ki Hajar Dewantara di T.M.P DIY dan R.A Kartini di T.M.P Rembang.
  3. Pada minggu ke 3 LPMP Jateng menyelenggarakan lomba pembuatan poster pendidikan bagi siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Untuk siswa SD dan SMP, poster dibuat secara manual, sedangkan untuk siswa SMA dan SMK pebuatan poster dilaksanakan secara digital. Lomba ini sesuai dengan tema hardiknas “Anak adalah Bintang” (Minggu ke 3). 
  4. Pada minggu ke 4 sebagai puncak perayaan hardiknas dengan tema “Semua Murid, Semua Guru”, LPMP Jawa Tengah melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan Hasil Implementasi Kurikulum. DG.

Drs. Slamet Trihartanto, widyaiswara LPMP Jawa Tengah, dalam program kembali ke sekolah di SMP N 6 Surakarta, tempat beliau belajar ketika SMP: “Saya bangga pernah menjadi bagian dari SMP Negeri 6 Surakarta. Terima kasih kepada Bapak Ibu guru yang pernah membekali ilmu yang berguna untuk meraih cita-cita saya”.

 

Siswa SD dan SMP Se-Jateng sedang serius menyelesaikan poster pendidikan.

 

Rombongan LPMP Jawa Tengah, sedang berziarah di makam Ki Hajar Dewantara

 

Diskusi Panel 1 Seminar Nasional Hasil Implementasi Kurikulum, “Inovasi Pendidikan dalam Mendukung Daya Saing di Era Global”

 

Link penting terkait Seminar

1.    Materi Seminar: https://goo.gl/Sw7TrT

2.    Profil Komunitas Belajar Qoryah Thoyyibah: http://www.kbqt.org/

3.    Profil Juara Desain Jet Bracket Engine: http://blog.grabcad.com/blog/2013/12/11/meet-ge-jet-engine-bracket-winner/

 

4.    Profil Ara, penggagas Moo’s Project: https://cantikcerdas.in/home/?id=30