Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2017

Oleh: Nuning KS

 

Untuk mengawali kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan pada Tahun 2017, LPMP Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2017 dengan mengundang 152 orang yang terdiri dari unsur pejabat yang menangani jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dari 35 kabupaten/kota, serta unsur dari Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) dari 6 wilayah yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini bertempat di LPMP Jawa Tengah pada tanggal 17 sampai dengan 19 April 2017.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan ini melibatkan semua stakeholderdi dunia pendidikan diantaranya Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Dinas Pendidikan tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota berdasarkan amanat Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016. Untuk itu, tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi program Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan pada Tahun 2017 dan juga untuk melakukan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam program tersebut sehingga pelaksanaan kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dapat berjalan dengan lancar, guna peningkatan mutu pendidikan pada setiap satuan pendidikan di Provinsi Jawa Tengah dapat tercapai.

Dalam kegiatan ini,dihadirkan salah satu Tim Satgas PMP Setditjen DIkdasmen yaitu DR. Muh. Rif’an, ST., MT yang secara khusus memaparkan tentang penyempurnaan pengembangan kegiatan dalam Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) di Tahun 2017. Pengembangan yang dilakukan oleh Tim Satgas PMP Setditjen Dikdasmen diantaranya yaitu penyempurnaan instrumen PMP, perbaikan infrastruktur dan penyempurnaan aplikasi PMP agar manfaatnya dapat diterima oleh seluruh pihak yang terlibat, terutama untuk satuan pendidikan. Adanya penambahan fitur aplikasi rapor mutu sekolah dan rapor mutu daerah pada Tahun 2017 ini dengan harapan hasil dari kegiatan PMP ini dirasakan manfaatnya langsung baik oleh satuan pendidikan maupun pemerintah daerah.

 

Pelaksanaan PMP, SPMI dan SPMEmembutuhkan sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga satuan pendidikan. Dengan adanya kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2017, diharapkan pelaksanaan rangkaian kegiatan penjaminan mutu pendidikan pada Tahun 2017 di Provinsi Jawa Tengah dapat berjalan dengan lancar, agar dapat memfasilitasi satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai standar mutu yang diharapkan bersama.