Oleh: Aries Priyo Abimanyu

 

 

Aplikasi Google Keep adalah aplikasi buatan google yang ada hampir ada di semua smartphone yang bersistem operasi android.  Aplikasi ini cukup simpel yang dan berguna untuk membuat catatan kerja kita di handphone di hp maupun di komputer dekstop. Catatan tersebut otomatis akan tersinkron antara hp, laptop, ipad atau apapun perangkat yang mempunyai akun gmail yang sama. Kelebihan lainnya adalah catatan atau list yang di buat bisa dishare ke teman dan bisa update secara real time.

 

Google Keep sangat bagus di gunakan ketika sedang rapat, pembelajaran ataupun catatan bersama. Misalnya ketika guru atau instruktur di depan, catatan selama pembelajaran  bisa di ketik langsung di google keep  dan dishare ke seluruh siswa atau peserta. Peserta juga bisa ikut berkolaborasi menulis dalam catatan yang sama. Begitu juga sewaktu meeting, notulen di tulis dalam google keep dan langsung dishare kepada semua peserta rapat. Selesai rapat, notulen sudah langsung tersimpan di perangkat masing masing.

Selain berbagai kelebihan tersebut, beberapa kelebihan lain dari Google Keep adalah:

  • membuat list menggunakan perintah suara
  • mengambil text dari gambar
  • sebagai catatan pengingat
  • bisa di export ke Word

 

Untuk mencoba google keep, silahkan buka alamat https://keep.google.com. Lakukan login dengan akun gmail anda. Untuk smartphone atau tablet silahkan cari aplikasi keep (atau install lewat google play jika belum ada). Semoga bermanfaat.