Tahun 2016

Korelasi Biaya Pendidikan, Promosi Sekolah Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Pendaftar

ABSTRACT

The purpose of this study are : (1) to analyze the correlation between the cost of education,

promotion of school and peers toward the interest of the applicants in SMK Negeri 1 Miri Sragen, (2) the analyze the correlation of the cost of education toward the interest of the applicants in SMK Negeri 1 Miri Sragen, (3) the analyze the correlation school promotion toward the interests of applicants in SMK Negeri 1 Miri Sragen and (4) the analyze the correlation of peers toward the interest of the registrant in SMK Negeri 1 Miri Sragen. The study was conducted in SMK Negeri 1 Miri Sragen. The population in this study were all registries in SMK Negeri 1 Miri Sragen the total is 532 applicants. The samples took in this study were 54 applicants. The data were processed by using SPSS to hypotheses test. The conclusion of this study based on the test results of f concluded that (1) there are a significant and positive correlation between the cost of education, promotion of school and peers against the interest of applicants. Thus the first hypothesis proposed is verified. (2) between the cost of education there is no correlation between Y (the applicants interest) showed that the variable has no correlation. (3) the school promotion there is a positive and significant correlation toward interest of aplicants. This shows us the variables have a significant effect, and (4) the peers has a positive and significant correlation toward interest of aplicants in SMK Negeri 1 Miri Sragen.

 

Keywords: Interest Aplicants, Cost of Education, Promotion School and of Peers.

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Tentang Perubahan Sifat Benda dengan Metode Eksperimen Bagi Siswa Kelas V SDN Bromantakan No. 56 Surakarta Pada Semester II Tahun Ajaran 2015/2016

ABSTRAK

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA

tentang Perubahan sifat benda dengan metode Eksperimen siswa kelas V SDN Bromantakan No. 56 Surakarta pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Bromantakan No. 56 Surakarta pada siswa kelas V berjumlah 34 siswa terdiri 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Dalam penelitian ini untuk data kuantitatif tentang hasil belajar dianalisis dengan menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kondisi awal ke siklus I meningkat 25% dari 47,50 menjadi 59,50 siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18% dari 59,50 menjadi nilai rata-rata 70,54. Dan dari kondisi awal ke kondisi akhir meningkat sebesar 48% dari nilai rata-rata 47,50 menjadi 70,54. Dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dari siklus I nilai rata-rata 59,50 pada siklus II menjadi 70,54 karena motivasi belajar. Nilai kondisi awal sangat rendah <50,00. Setelah diadakan tindakan kelas saat pembelajaran berlangsung guru menggunakan metode eksperimen, motivasi dan hasil belajar siswa meningkat, saat pelaksanaan siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA tentang perubahan sifat benda pada siswa kelas V SDN Bromantakan No. 56 Surakarta pada Semester II tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci : motivasi dan hasil belajar IPA, metode eksperimen

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Model Apiec Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Yang “Apik” Pada SMPN 1 Jaken Tahun 2015

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan model APIEC untuk meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas yang APIK, 2) mendeskripsikan peningkatan kreativitas guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas yang APIK setelah diterapkannya model APIEC, dan c) mendeskripsikan perubahan sikap guru setelah diterapkannya model APIEC. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus melalui penerapan Model APIEC (Analysis, Planning, Implementation, Evaluation, Commnication) di SMP Negeri 1 Jaken terhadap 14 guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan tentang PTK namun belum dapat menghasilkan laporan PTK. Hasilnya menunjukkan bahwa proses penerapan model APIEC terlaksana dengan amat baik (A), kreativitas guru dalam menyusun PTK yang APIK dapat ditingkatkan melalui model APIEC dan terjadi perubahan sikap guru semakin senang setelah diterapkan model APIEC.

 

Kata kunci : APIEC, Kreativitas Guru, Sikap Guru, APIK

FIle PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pembelajaran Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Siswa Kelas 9

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bilangan berpangkat dan bentuk akar bagi siswa kelas 9C SMP Negeri 5 Surakarta pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan pada semester genap mulai bulan Januari sampai Juni 2016 dengan Subjek adalah siswa kelas 9C berjumlah 30 anak, laki-laki 7 anak, perempuan 23 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan tindakan sebanyak dua kali dalam siklus. Pada siklus I siswa dengan melalui pembelajaran pendekatan kooperatif STAD pada kelompok belajar skala besar 6 orang tiap kelompoknya, sedangkan tindakan pada siklus II melalui pendekatan kooperatif STAD pada kelompok belajar skala kecil 4 orang tiap kelompoknya. Prosedur tindakannya melalui tahapan tiap–tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi tindakan. Adapun

analisis data menggunakan deskriptif komperatif kuantitatif dengan membandingkan aktivitas dan hasil belajar pada kondisi pra siklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Melalui Pendekatan Pembelajaran Koperatif tipe STAD Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Bagi Siswa Kelas 9C SMP Negeri 5 Surakarta Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016

 

Kata Kunci : Pendekatan kooperatif tipe STAD, Aktivitas belajar dan hasil belajar

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.