Tahun 2016

Electro-Entrepreneurship Dan Electro-Edutainment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Kreativitas, Dan Life Skill Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Ketenagalistrikan

ABSTRAK

Berbagai model, metode, dan media telah dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan electro-entrepreneurship dan media electro-edutainment untuk meningkatkan hasil belajar, kreativitas, dan life skill siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Subyeknya adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Ketenagalistrikan SMK 3 Semarang sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis terhadap nilai yang diperoleh siswa pada saat post test menunjukkan siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebesar 88,9% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Indikator keberhasilannya adalah ≥ 75% siswa mendapat nilai ≥ 75 pada siklus 1 dan 85% pada siklus 2 sehingga penelitian tindakan kelas ini sudah berhasil. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa siswa setuju terhadap pembelajaran dengan pendekatan electro-entrepreneurship dan media electro-edutainment dengan skor 1133.Kesimpulan yang diperoleh adalah pendekatan electro-entrepreneurship dan media electroedutainment dapat meningkatkan hasil belajar, kreativitas, dan life skill siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Ketenagalistrikan SMK 3 Semarang.

 

Kata kunci : electro-entrepreneurship, electro-edutainment, life skill

FIle PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Evaluasi Program Supervisi Kunjungan Kelas Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Guru Di SDN 2 Jampiroso Kec. Temanggung Kabupaten Temanggung

ABSTRAK

The aim of this observation is to evaluate the supervision program of The School Headmaster class visitation to grade up the teacher’s competence in the Second State Junior High School Jampiroso Subdistrict, Temanggung Regency by using the model evaluation of CIPP (Context, Input, Process, Product). As the subject’s observation are School Headmaster, Teacher, and School Committee. Collecting data by observation technique, interview inside, documentation. The analyze data has done by technique qualitative of model Miles and Huberman. Observation result of the component context of invitation class supervision program is needed. To improve teaching, use to grade up the competence and teacher’s work. The target is academic supervision and administration supervision. At the input component there is a supervision program, human resource, infrastructure, cost that enough to do supervision. At the component process of School Headmaster and teacher make class visitation supervision planning, doing class visitation supervision, to evaluate supervision result, doing evaluation result. From the component product, the result of the class visitation supervision has done suitable with the planning, the teacher satisfy, the teacher ready to do the next supervision. The result supervision has done. Competence and the teacher’s work grow up.

 

Key Word: Program Evaluation, Supervision, CIPP, Teacher’s Competence

FIle PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter Bangsa Pada SMP Negeri 6 Pati Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016

ABSTRAK

Educational Action Research aims to improve the competence of teachers in preparing a lesson plan Character Nations through the implementation of academic supervision in SMP Negeri 6 Pati Odd Semester Academic Year 2015/2016. Research conducted at SMP Negeri 6 Pati, for five months commencing on August 10, 2015 until December 31, 2015. Subjects were subject teachers who teach classes VII, VIII and IX amounted to 7 people. Research procedure used is action research are implemented with two cycles. The results of the study on pre-cycle, the first cycle and the second cycle increased competence of teachers write lesson plans in character. The results achieved on: 1) Pre cycle competency of teachers rated "poor" with an average value of 62%, 2) Cycle I: rated "good" with an average value of 86% (there was a 24% increase), 3 ) Cycle II: rated "very good" with an average value of 96% (there was a 10% increase). Concluded the implementation of the academic supervision can improve the competency of teachers write lesson plans character nations in SMP Negeri 6 Pati Odd Semester Academic Year 2015/2016.

 

Keywords: academic supervision, teacher competence, lesson plans character nations

FIle PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Index Card Match Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Kedungboto Semester 2 Tahun 2015/2016

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kedungboto semester 2 tahun 2015/2016 pada materi iman kepada malaikat. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian sejumlah 19 peserta didik di kelas IV terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD 1 Kedungbot semester 2 tahun 2015/2016 pada materi iman kepada malaikat, (2) melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kedungboto semester 2 tahun 2015/2016 pada materi iman kepada malaikat, (3) melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kedungboto semester 2 tahun 2015/2016 pada materi iman kepada malaikat, (4) keaktifan belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran menunjukkan ada perubahan ke arah lebih positif baik pada pra siklus ke siklus I maupun dari siklus I ke siklus II, sedangkan hasil belajar peserta didik pada pra siklus ketuntasan belajar 57,89%, siklus I naik menjadi 84,21%, siklus II naik menjadi 100%, dari kondisi awal ke kondisi akhir ketuntasan hasil belajar peserta didik ada peningkatan 42,11%.

 

Kata Kunci: model index card match, keaktifan, hasil belajar

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.