Tahun 2016

Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah

ABSTRAK

Perpustakaan sekolah merupakan tempat menyediakan berbagai informasi yang bertujuan untuk mendukung, memperlancar serta mempertinggi kualitas pelaksanaan kegiatan belajar bagi para siswa. Dengan kata lain, perpustakaan sekolah merupakan tempat pengumpul, pelestari, pengolah, pemanfaat dan penyebar luas sebagai hal yang berhubungan dengan informasi, khusus yang terkait dengan materi pembelajaran atau kurikulum yang berlaku. Peranan perpustakaan dalam pencapaian kurikulum di sekolah hanya akan dapat terwujud apabila perpustakaan dikelola secara efektif dengan memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan proses belajar mengajar. Manajemen perpustakaan sekolah dapat dikatakan memiliki nilai efektivitas yang tinggi apabila layanan yang diberikan memiliki nilai perbandingan yang tinggi dengan tujuan yang diharapkan. Permasalahan-permasalahan yang terjadi sehingga fungsi perpustakaan kurang dapat dimanfaatkan secara optimal, antara lain: kurangnya minat baca di kalangan siswa, kondisi perpustakaan yang kurang terawat, buku-buku yang tersedia kurang memadai, tidak adanya petugas khusus perpustakaan dan kurangnya perhatian dari guru terhadap keberadaan perpustakaan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan agar perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal, antara lain: penataan ruang perpustakaan yang lebih baik, memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin mengunjungi perpustakaan, mewajibkan siswa untuk menjadi anggota, menyedikan buku yang menarik, menyediakan petugas khusus, meningkatkan peran kepala sekolah, perbaikian bangunan perpustakaan dan meningkatkan kepedualian guru terhadap keberadaan perpustakaan.

 

Kata kunci: efektivitas dan kualitas pembelajaran

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Intensive Training Methods To Improve Skills Operate The Reduction In Different Fractions Berpenyebut Class V Semester 2 SD State District Triguno Pucakwangi Year 2015/2016

ABSTRAK

The purpose of this research in general is to improve the ability of teachers to teach and improve student skills in operating different berpenyebut fractional reduction through Classroom Action Research (CAR). In particular, the purpose of the study are : 1) To describe the steps of learning through explanations , examples and exercises giving incentives in mathematics , 2 ) Analyze the steps of learning through intensive training in improving students' ability subtracting fractions berpenyebut not the same/different. When the study carried out in the second semester housed in elementary school Triguno Pucakwangi District of Pati regency , with research subjects are students of class V, which amounted to 15 children. The method used in this research is the method of action research. Action is used three times in three cycles. The first cycle of implementing the act of learning by demonstration models props card numbers, graphs, and tables multiplication with classical learning. The second cycle of the application of action learning model which is the same as the drill method performed by each child in each group. The third cycle of the implementation of the action learning model is similar to the method of intensive training conducted by each of the children in small groups, while the phase in each cycle consists of: 1) a plan of action, 2) the implementation of the action, 3) observing the action, 4) act of reflection. The result of intensive research training method can improve the skills of different operations berpenyebut fractional reduction can be concluded: 1) media play a role in improving students' motivation in learning subtracting fractions and fractions usual mix denominator is not the same. 2) By using a visual fraction cards, students develop their skills in regular subtracting fractions and reduce the fraction berpenyebut not the same mixture of 26.7% to 93.3%. 3) Through intensive training can improve students' ability to reduce the fraction of the usual and subtracting fractions denominator mixture bebeda / not the same.

 

Keywords: Intensive Training, Learning Mathematics, Reducing Fractions.

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Meningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Usaha, Gaya Dan Energi Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Siswa Kelas VIII B Semester II SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan sekaligus hasil belajar siswa pada materi tentang Usaha, gaya dan energi dengan media pembelajaran berbasis multimedia pada siswa kelas VIII B semester II SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasilnya terdapat peningkatan kompetensi belajar siswa kelas VIII B, hal ini terbukti ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil tes pra siklus 67,62 ketuntasan 25%, meningkat menjadi rata-rata 73,25 ketuntasan 47,5% meningkat pada siklus I, meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan 90% pada siklus II.

 

Kata kunci: hasil belajar dengan media pembelajaran berbasis multimedia

File PDF

untuk file lengkap, silakan email ke: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Meningkatkan Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Melalui Focussed Group Discussion di Sekolah Binaan Pengawas SMP Kabupaten Purbalingga Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016

ABSTRAK

Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah formatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri atas 2 (dua) siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri atas Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Pada Siklus I, pembinaan dengan Focussed Group Discussion kelompok besar. Pada siklus II, pembinaan dengan Focussed Group Discussion kelompok kecil. Data yang diperoleh berupa hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah formatif yang terdiri atas kondisi awal, data siklus I, dan data siklus II. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kondisi awal, data siklus I, dan data siklus II. Sebelum dilakukan pembinaan dengan Focussed Group Discussion, hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah formatif sebesar 75,89. Pada siklus I nilai rata-ratanya 82,13 dan pada siklus II nilai rata-ratanya 89,45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara teoritik maupun secara empirik, melalui pembinaan dengan Focussed Group Discussion bagi Kepala SMP Binaan Pengawas di Kabupaten Purbalingga pada semester gasal Tahun Pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci : Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Focussed Group Discussion

PDF FIle

untuk file lengkap, silakan email ke : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.