Peringati Hari Lahir Pancasila, LPMP Laksanakan Upacara Bendera pada tanggal 1 Juni 2017

Peringati Hari Lahir Pancasila, LPMP Laksanakan Upacara Bendera pada tanggal 1 Juni 2017

 

Pemerintah, melalui  KeputusanPresidenNomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan tanggal 1 Juni 2017 sebagai libur nasional dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Sementara itu pemerintah juga telah menetapkan tanggal 29 Mei s.d. 4 Juni 2017 sebagai pekan Pancasila. 

Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dan mengayu bagyo pelaksanaan pekan Pancasila, LPMP Jawa Tengah melaksanakan Upacara Bendera pada tanggal 1 Juni 2017. Upacara bendera dilaksanakan di halaman depan kantor, dengan mengikutsertakan seluruh pegawai dan peserta diklat yang saat itu sedang mengikuti pelatihan di LPMP Jateng.

Secara nasional, peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon, Jakrta Pusat. Pada upacara tersebut presiden RI, Joko Widodo, akan bertindak sebagai inspektur upacara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Pers Media dan Informasi Setpres (Sekretariat Presiden), Bey Machmudin.

DI samping himbauan untuk melaksanakan upacara bagi instansi pemerintah, pada peringatan hari lahir Pancasila ini lembaga pemerintah hingga stasiun radio dan televisi juga diminta untuk mensosialisasikan informasi mengenai Pekan Pancasila baik dalam bentuk iklan layanan masyarakat, tema dan logo. 

Secara online pemerintah juga mendorong masyarakat untuk menuliskan tagar #PekanPancasila, #SayaPancasila, #PancasilaReborn, #KenalPancasila, #PancasilaPunyaKita, #PancasilaSatu, dan #Pancasila2017 pada media sosial yang digunakannya. 

Melalui pekan Pancasila dan beragam sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat kembali merenungi dan berefleksi tentang nilai-nilai Pancasila yang harus dianut oleh bangsa. Dis amping itu dapat  menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (DG)

 

Add comment


Security code
Refresh