Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Sekolah Model LPMP Jawa Tengah

LPMP Jawa Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Sekolah Model LPMP Jawa Tengah pada tanggal 12 s.d. 16 Mei 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 49 orang yang terdiri atas Widyaiswara, Staf Fungsional Umum LPMP Jawa Tengah, dan Pengawas Sekolah dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang B.21 LPMP Jawa Tengah, Jl. Kyai Maja Srondol Kulon Semarang.

Kegiatan ini bertujuan untuk Mensosialisasikan penerapan penjaminan mutu  pendidikan dengan  mengembangkan sekolah model dan pola pengimbasan; Meningkatkan pemahaman tentang Standar Nasional Pendidikan; Meningkatkan kemampuan menyampaiakn penjaminan mutu pendidikan; Meningkatkan kemampuan dalam meyakinkan sekolah agar berkomitmen menjalankan penjaminan mutu pendidikan; dan Meningkatkan kemampuan dalam memfasilitasi penerapan penjaminan mutu pendidikan.

Fasilitator pada kegiatan ini adalah Fasilitator Nasional SPMI yang telah mendapatkan pelatihan (ToT) Fasnas SPMI yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 26 s.d. 29 April di Hotel Novotel Kota Tangerang. Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Supervisi Mutu Pendidikan LPMP Jawa Tengah, Zainal Kabir, SE, M.Si.

 

Pada kegiatan ini dibahas berbagai hal terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal untuk Sekolah Model, di antaranya: Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen; Pengembangan Sekolah Model; SNP, Indikator, dan Instrumen Pemetaan; Praktik Studi Kasus: Pelaksanaan Penjaminan Mutu pada Sekolah; Teknik Fasilitasi pada Pembelajaran Orang Dewasa; dan Micro Teaching. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan Pre-post test dan evaluasi.

Add comment


Security code
Refresh