Kerjasama MKKS SMP Kab Sukoharjo dalam Mensukseskan Bimtek Kurikulum 2013 di TPK SMP 1 Grogol Sukoharjo

Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran Jenjang SMP dilaksanakan di Tempat Pelaksanaan Kegiatan (TPK) terlaksana atas kerjasama antara LPMPJawa Tengah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota. Salah satu TPK di Kab.Sukoharjo adalah SMP 1 Grogol Sukoharjo dengan Kepala Sekolah Drs. Kris Budiyono,M.Pd. Kegitan dilaksanakan pada tanggal 12-17 Juni 2017, dan Pembukaan pada tanggal 12 Juni 2017 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid. SMP yaitu Drs.Dwi Atmojo Heri, M.Pd.

Di TPK SMP 1 Grogol terdapat 5 (lima) kelas yaitu mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, PJOK dan PAI dengan jumlah peserta seluruhnya 143 orang. Masing-masing kelas di fasilitasi oleh 13 Instruktur Kurikulum (IK), terdapat tiga mata pelajaran yang difasilitasi oleh tiga IK yaitu mata pelajaran IPA. IPS dan PJOK sedangkan mata pelajaran Matematika dan PAI oleh dua IK.

Pelaksanaan Bimtek dimulai pukul 07.30 s.d. 15.30 dengan durasi pembelajaranĀ  39 JP masing-masing 60 menit. Setiap hari setelah selesai pembelajaran diadakan koodinasi antara seluruh IK dengan supervisor bimtek Dra.Suminarsih,M.Si serta KS. Koordinasi dimaksudkan untuk melaporkan hasil pelaksanaan bimtek setiap hari meliputi kendala dan keungguan masing-masing kelas, umpan balik dari supervisor dan arahan dari KS. Dilanjutkan penyepakatan dan persiapan bimtek untuk keesokan harinya.

Hal menarik saat koordinasi hari pertama ada masukan dan usulan dari salah satu IKĀ  yaitu Jaka Supaya Bagya, S.S.Pd.M.Pd yang juga menjabat sebagai KS SMP 1 Baki, beliau mengijinkan semua guru dari sekolahnya yang mengikuti bimtek untuk ijin di hari Kamis tanggal 15 Juni 2017 akan hadir pada pukul 10.00 karena mau mengikuti rapat penegasan kenaikan kelas di sekolahnya. Usulan supervisor apakah tidak ada kemungkinan jika dilaksanakan tanpa meninggalkan kegitan bimtek. Dengan diprakarsai oleh Pengawas Sukino.M.Pd dan KS melakukan koordinasi dengan MKKS SMP Kab.Sukoharjo, akhirnya disepakati bagi semua sekolah yang gurunya ikut bimtek rapat penegasan dilaksanakan sore hari setelah kegiatan bimtek selesai dilanjutkan buka bersama. Alhamdulillah atas kerjasama yang baik tersebut semua peserta dapat tekun mengikuti bimtek tanpa ijin mengikuti rapat.

Kerjasama dan koomunikasi menjadi salah satu jalan untuk menyelesaiakn semua permasalahan. Menjadi pembelajaran bagi semuanya bahwa permasalahan solusinya dapat melalui komunikasi dan menempatkan kepentingan yang lebih urgen dengan tidak mengurangi makna dari kegiatan lain. - Mimin.

Add comment


Security code
Refresh