Ingin Nambah Ilmu? Anda Bisa Ikut 4 Kuliah Online Gratis Ini

Anda tipe orang yang selalu haus pengetahuan tapi anggaran terbatas? Selain rajin berdiskusi dengan rekan kerja atau teman kuliah, kamu juga bisa kok menambah ilmu melalui kuliah online gratis.

Kuliah online gratis ini membantumu mewujudkan mimpi kuliah berstandar internasional di universitas beken dunia. Di negara Amerika Serikat, kuliah online seperti ini dikenal dengan istilah MOOC (Massive Open Online Course).

Berikut 4 platform kuliah online gratis yang bisa kamu ikuti seperti dikutip dari Tunaiku:

1. MIT Open Course Ware (MIT OCW)

MIT OCW merupakan inisiatif dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di mana mereka meng-upload semua materi kuliah S1 hingga S2, sehingga dapat diakses publik.

Di situs yang dibentuk pada 2001 ini, tersedia lebih dari MIT menyediakan lebih dari 2.000 kelas, dengan studi yang bervariasi. Mulai dari aeronautika hingga ilmu humaniora.

2. EDX

Sistem kursus EDX adalah rangkaian kelas mingguan yang diisi dengan video-video pendek interaktif. Sang mahasiswa dapat langsung mempraktikkan konsep yang diajarkan di video tersebut.

Video-video ini bahkan menawarkan atmosfer yang mirip dengan diskusi grup selayaknya ruang kelas perkuliahan umumnya, di mana mahasiswa dapat bertukar pendapat dan pertanyaan. Hingga akhir 2016, EDX telah menjadi kelas dunia maya bagi lebih dari 10 ribu mahasiswanya di dunia.

3. HubSpot Academy

Untukmu yang akrab dengan dunia marketing, HubSpot Academy harus kamu jadikan salah satu sumber ilmu.

Sejak 2012, situs ini menawarkan kursus bersertifikasi dan program pelatihan bagi para marketer untuk mempelajari dunia inbound marketing dan sales. Tersedia dalam empat bahasa, enggak heran kalau HubSpot telah diakses ratusan marketer setiap harinya!

4. Udacity

Dewasa ini, istilah wirausaha kental relasinya dengan yang namanya start-up. Yup! Untukmu yang bermimpi mendirikan start-up, How to Build a Startup adalah kelas studi yang tepat langkah untukmu.

Dengan entrepreneur Steve Blank sebagai ‘dosen’, kamu akan diberikan bimbingan mulai dari bagaimana caranya mengembangkan produk yang potensial, hingga bagaimana caranya supaya produkmu ini bisa menghasilkan profit.

SUMBER

 

Comments   

+1 #2 YOHANES ARIS SUPRIATNO 2017-05-23 13:21
SELAMAT BERGABUNG :-)
Quote
+1 #1 siti khodijah 2017-05-22 19:37
Maaf cara mendaftarnya gimana y...
Quote

Add comment


Security code
Refresh