Pelaksanaan Pretest PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan

LPMP Jawa Tengah bekerjasama dengan P4TK Seni Budaya Yogyakarta dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah akan bersama-sama melaksanakan Pretest PPG secara serentak mulai tanggal 27 November 2017 sampai 5 Desember 2017 di 104 Tempat Uji Kompetensi (TUK) se Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan Pretest PPG ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan PPG dalam Jabatan yang rencananya akan dimulai pada tahun 2018. Kegiatan PPG dalam Jabatan telah diawali dengan pelaksanaan verifikasi dan validasi data calon peserta yang telah dilaksanakan sejak tanggal 1 – 20 November 2017. Pelaksanaan verifikasi dan validasi (verval) calon peserta dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Sim PKB yang dapat diakses oleh guru yang dianggap memenuhi persyaratan berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Fokus utama pelaksanaan verval adalah linearitas Program Studi/Jurusan S1 guru dengan mata pelajaran yang akan diambil oleh guru yang bersangkutan.

Ilustrasi: Pelaksanaan Ujian Dalam Jaringan (Daring)

Hasil verval saat ini telah diunduh oleh server pusat ujian online untuk dilaksanakan pemetaan TUK, sehingga perubahan data sudah tidak dimungkinkan. Bagi peserta yang belum berkesempatan mengikuti Pretest PPG di tahun 2017 dapat mempersiapkan diri untuk tes serupa yang dijadwalkan akan dilaksanakan di tahun 2018.

Pretest PPG direncanakan untuk dilaksanakan secara daring (online) dengan sistem ujian UKG yang dilaksanakan di laboratorium komputer sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan ujian tersebut. Ujian direncanakan dilaksanakan selama 150 menit, dengan materi meliputi Tes Potensi Akademik, Pedagogik, Bidang Ilmu/Profesional serta tes Bakat/Minat.

Undangan bagi peserta akan didistribusikan melalui Dinas Pendidikan Provinsi (BP2MK) serta Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. (Suharjantyo)

Add comment


Security code
Refresh