Dapodikdasen 2018 Telah Rilis, LPMP Jateng Intenskan Komunikasi dengan Sekolah

Kementarian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No. 11/D/PD/2017 mengumumkan tentang rilis terbaru Aplikasi Dapodikdasmen untuk Tahun Ajaran 2017/2018, dengan nama resmi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018. Sebelumnya sempat diumumkan akan disebut Dapodikdasmne versi 2017D. Terdapat banyak pembaruan pada Dapodik versi terbaru ini jika dibandingkan dengan versi sebelumnya di antaranya penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur, penambahan fitur baru, validasi data, dan telah dilakukan perbaikan beberapa bug versi sebelumnya.

Dengan menggunakan database versi baru yang berbeda dengan versi sebelumnya maka sekolah tidak bisa mengupdate langsung, tetapi harus melakukan install ulang. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 hadir hanya dalam bentuk installer, bukan updater. Namun demikian, diakui oleh tim pusat, untuk struktur kurikulum SMK 2013 masih akan dilakukan pembaruan oleh tim Dapodikdasmen pusat.

Ada kekhawatiran dari banyak sekolah terkait kompatabilitas Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 dengan Aplikasi PMP versi 2.0, terutama bagi sekolah-sekolah yang sudah terlanjur mengentri data PMP. Kekhawatiran muncul mengingat pengalaman tahun sebelumnya sekolah masih menemukan banyak masalah teknis di lapangan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Tim helpdesk Pemetaan Mutu Pendidikan LPMP Jateng telah berupaya berkomunikasi dengan operator dinas pendidikan kabupaten/kota, kecamatan, maupun sekolah.

Yang perlu dilakukan oleh sekolah dalam rangka mengamankan data PMP di antaranya melakukan backup data PMP secara rutin. Backup berada pada menu “Kirim Data”, dengan cara meng klik “backup data”. Agar lebih aman, file back up disimpan di eksternal hardisk atau flashdisk, mengantisipasi jika terjadi kerusakan pada aplikasi PMP maupun komputer tempat diinstalnya aplikasi tersebut.

Di samping itu, operator sekolah disarankan tidak meng-uninstall aplikasi PMP versi 2.0. hingga keluarnya informasi terbaru.

Operator sekolah tidak perlu panik ketika menghadapi masalah yang ditemui. Mereka bisa berkonsultasi dengan helpdesk tingkat kecamatan (operator kecamatan), tingkat kabupaten (operator kabupaten/kota) dan tingkat provinsi (LPMP Jawa Tengah). Para pengawas juga dapat dimintai pendapat, mengingat pada saat pelatihan, mereka juga dibekali materi tentang aplikasi PMP.

Yang menggembirakan, sejak dibukanya waktu pengiriman data pada tanggal 15 Juli 2017 belum ada keluhan, komplain maupun pengaduan terkait erornya aplikasi PMP. Pun, sejak rilisnya Dapodikdasmen Versi 2018, belum masuk pengaduan.

Surat edaran resmi terkait Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 bisa diunduh pada link: http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Surat_Edaran_Pemutakhiran_Dapodik_Tahun_Ajatan_2017_2018.pdf. DG

Add comment


Security code
Refresh